"Pena pinkku tlah mengoreskan kedalam secarik kertas catatan kecil dan kini siap kudesign sedemikian rupa pola miniaturnya utk menjadi sebuah ukiran yg indah.... ^^,". Barokallahufikum ^^

Sabtu, 21 Januari 2012

-HAKIKAT HIDUP-

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Lihatlah langit dengan kekokohan fisiknya, gemerlap bintang-bintangnya, keindahan sinar mataharinya, kedahsyatan tata suryanya, keteduhan cahaya rembulannya, keelokan angkasanya dengan kecantikan pelanginya.

Lihatlah bumi yang telah dihamparkan Allah dengan sedemikian luasnya ini, ditumbuhkan darinya berbagai macam tumbuh-tumbuhan dari perkuat dengan gunung-gunungnya. Renungkanlah lautan, sungai-sungai, malam, pagi, cahaya, awan dan mendung yang berjalan elok diangkasa raya. Semua itu diatur dengan sangat rapi dan cermat.

Perhatikanlah ciptaan Allah yang bernama manusia, indah bentuknya, bemacam-macam suku bangsanya dan beraneka ragam bahasa dan logatnya. Allah benar-benar telah menciptakan makhlukNya ini dengan indah dan menyusunnya dengan bentuk yang sangat mempesona. ”Allah telah menciptakanmu dengan bentuk yang paling bagus.” (QS At-Taghabun: 3).


Saya adalah seorang muslimah yang diciptakan oleh Allah SWT, kedudukan saya didunia hanyalah sebagai makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Sebagai seorang manusia, saya tahu bahwa hakikat hidup seorang manusia diciptakan adalah untuk beribadah dan mencari Ridho Allah SWT. Saya harus sadar diri bahwa pemahaman tentang arti hidup harus dipertegaskan didalam hati dan jiwa bahwa:

-         Siapakah diri saya????
-         Darimana saya berasal???
-         Untuk apa saya hidup didunia ini???
-         Dan akan kemana saya setelah kehidupan ini berakhir???


Suatu pemahaman yang sangat mendasar dari jiwa tetapi kebanyakkan hampir diacuhkan oleh manusia bahkan saya pun hampir tak mengerti bagaimana cara mengartikannya. Tetapi itulah ke-4 pertanyaan yang harus terjawab didalam diri bukan hanya oleh diri saya sendiri tetapi juga para umat lainnya. Karena ketika kita dapat mampu mengartikan dan menjawab itu semua dengan hati maka kita akan dapat memaknai kehidupan yang kita jalani didunia ini, karena hidup adalah sebuah perjuangan untuk meraih Ridho Allah.

Tak ada yang lebih bahagia dari orang yang beriman kepada Allah. Mereka hidup diatas petunjuk cahaya dari Allah, selalu mengintrospeksi diri melakukan perintah Allah dan menjauhi semua laranganNya. Sebagaimana Allah berfirman: ”Barangsiapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS An-Nahl:97). Maha Benar Allah dengan Segala Firman-firmanNya..


Dan kini saya ingin mempelajari tentang pemahaman arti hidup yang saya jalani. Saya awali dengan mengikuti langkah-langkah kaum muslimin dan muslimat, kaum mukminin dan mukminat, seorang sahabat yang jujur, seorang sahabat yang rajin bepuasa, seorang sahabat yang tekun beribadah, seorang sahabat yang dapat memberikan sebuah kata perkata kalimat perkalimat untuk membangun jiwa ini untuk kembali mengenal Sang Maha Kasih dengan memberikan sepotong kalimat untuk bisa bermetamorfosis  menjadi lebih baik, seorang sahabat yang senantiasa khusyuk dalam berdoa untuk dirinya bahkan doa untuk para sahabat fillahnya..
Saya akhiri dengan mengoreksi diri, memperbaharui jalan hidup, luruskan kesalahan, dan bergabung dengan para sahabat fillah dan menaiki perahu keselamatan menuju keridhoanNya bersama sama dengan mereka.. Karena wanita yang berfikir akan mampu mengubah padang pasir menjadi kebun yang indah.


Pada intinya, arti hidup dalam Islam ialah ibadah. Keberadaan kita dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS Adz Dzaariyaat:56). Hanya satu motivasi yang ada, yaitu Allah. Adapun motivasi lainnya harus dalam rangka “karena dan/atau untuk” Allah. 

=================

Dikala ku merenung diri
Hakikat kehidupan di dunia ini
Akankah ku raih
Segala rahmat dan kasih sayang-Mu

Detik-detik demi detik
Sungguh berarti tak kan pernah kulalui
Segala jabaran dan godaan
Menghalau di dalam hidupku ini

Ya Allah Tunjukkan daku
Jalan yang Kau ridhoi
Jangan Kau bebani daku
Dengan sesuatu yang tak dapat kupikul

Kuserahkan jiwa ragaku
Dalam mengharungi hidup
Demi ridho-Mu ilahi..

# Menggapai RidhoNYA adalah tujuan hidupku.......

Barokallohufikum,
Wassalam

-Ayu Andini-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar